susu nutrisi untuk orang sakit

Sederet Nutrisi yang Dibutuhkan Selama Penyembuhan Setelah Sakit

Saat sakit atau dalam masa pemulihan, sebagian orang mengeluh tidak nafsu makan. Padahal, mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah cukup bisa mempercepat proses pemulihan. Penyakit yang Anda alami mungkin memang bisa disembuhkan dengan obat.

Namun, nutrisi yang cukup dari makanan bergizi setiap hari juga berperan besar dalam proses penyembuhan setelah sakit. Selain harus memenuhi kebutuhan kalori per hari, makanan yang Anda konsumsi juga harus mengandung sederet nutrisi penting, seperti:

Apa Saja Nutrisi yang dibutuhkan Selama Penyembuhan Setelah Sakit?

  1. Protein

Nutrisi pertama yang dibutuhkan selama masa pemulihan setelah sakit adalah protein. Selain sebagai sumber energi, protein berfungsi untuk membangun otot, meningkatkan kekuatan tulang, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Protein merupakan zat gizi makro, yaitu zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Namun, beberapa jenis asam amino pembentuk protein tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya, Anda harus mengonsumsi makanan kaya protein setiap hari.

Protein dibedakan menjadi dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bisa Anda dapatkan dari daging, ikan, telur, dan susu serta produk olahannya. Sedangkan untuk mendapatkan protein nabati, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, tempe, tahu, atau edamame.

Selain dari makanan, Anda juga bisa mendapatkan protein dari susu, apalagi jika selama masa penyembuhan Anda masih cenderung malas makan. Susu nutrisi untuk orang sakit yang mengandung protein whey, kasein, dan kedelai bahkan dapat memberikan kombinasi manfaat protein hewani dan protein nabati.

Pastikan juga susu yang Anda konsumsi mengandung beta-hydroxy-beta-methylbutyrate (HMB), yaitu senyawa yang dihasilkan dari pemecahan asam amino esensial leusin. Senyawa ini telah terbukti mengurangi pemecahan protein dan meningkatkan pembentukan protein dalam tubuh untuk menggantikan massa otot yang hilang selama sakit.

  1. Karbohidrat

Selama pemulihan setelah sakit, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga membantu proses penyembuhan luka dan berperan dalam menjaga kesehatan otot.

  1. Vitamin dan mineral

Banyak jenis buah dan sayur yang mengandung berbagai vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti vitamin A, C, D, dan E. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau, wortel, stroberi, jeruk, atau jambu biji.

Selain vitamin, buah dan sayur juga mengandung serat yang berperan penting dalam menjaga berat badan yang stabil dan saluran pencernaan yang sehat. Untuk mempercepat proses pemulihan setelah sakit, tubuh juga membutuhkan beberapa jenis mineral, seperti asam folat, zat besi, seng, dan selenium.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.