PROFIL Ustaz Abdul Somad yang akan Nikahi Gadis 19 Tahun setelah Lebaran 2021

Simak profil dari ustaz Abdul Somad yang disebut akan menikahi seorang gadis 19 tahun. Kabar mengejutkan sekaligus bahagia datang dari seorang pendakwah, Ustaz Abdul Somad. Lantaran belakangan beredar foto dari formulir persetujuan calon pengantin.

Bahkan surat tersebut telah sampai di sebuah akun gosip di Instagram. Dalam formulir yang beredar terlihat jelas sosok calon istri Ustaz Abdul Somad. Selain itu, dapat diketahui biodata dari perempuan bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud.

Fatimah Az Zahra Salim Barabud adalah perempuan kelahiran Jombang, Jawa Timur. Anak perempuan dari Salim Sholeh Barabud itu kini masih berusia 19 tahun. Di mana calon istri Ustaz Abdul Somad merupakan kelahiran 1 Oktober 2001.

Usia Fatimah Az Zahra Salim Barabud pun menjadi perhatian warganet. Lantaran jarak usia keduanya terpaut lumayan jauh, yakni 24 tahun. Ustaz Abdul Somad baru akan berusia 44 tahun pada 18 Mei 2021, mendatang.

Tak sampai di situ, Fatimah Az Zahra Salim Barabud disebut lulusan sebuah pondok pesantren di Jawa Timur. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Jombang, Ilham Rohim membenarkan sang ustaz akan menikah. Bahkan keduanya telah melakukan pendaftaran pernikahan di KUA Peterongan, Kabupaten Jombang.

Ilham Rohim turut menyampaikan, Ustaz Abdul Somad dan istri sudah mendaftar sebelum bulan Ramadan 2021. "Iya, beliau (Ustaz Abdul Somad) sudah daftar di KUA Peterongan. Sebelum puasa kemarin," terang Ilham Rohim dikutip dari Kompas.tv . Kendati demikian, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari kedua calon mempelai.

Bersamaan dengan beredarnya kabar ini, turut diketahui tanggal akad nikah Ustaz Abdul Somad. Dihimpun dari berbagai sumber, keduanya akan menikah setelah lebaran Idul Fitri 2021, mendatang. Belum diketahui pasti, namun tanggal pernikahan diisukan akan digelar pertengahan Mei 2021.

Abdul Somad merupakan sosok pendakwah kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara 43 tahun yang lalu. Sejak sekolah dasar hingga SMP ia tamatkan di Medan yang berbasis Tahfiz Alquran. Sementara itu sang ustaz mengenyam pendidikan di tingkat SMA di Indragiri Hulu, Riau.

Kemudian ia melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi dengan berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Di kampus itulah ia sempat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS sebagai seorang dosen. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu, Ustaz Abdul Somad memutuskan untuk mundur.

Dilansir Kompas.com , terdapat beberapa alasan yang membuatnya berhenti jadi PNS. Di antaranya adalah terkait jadwal yang harus masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB. Ia mengaku tidak sanggup apabila harus menjalani kegiatan tersebut.

Selain itu, sang ustaz juga telah disibukkan dengan jadwal pengajian yang padat. Terakhir, menurutnya bentuk pengabdian tidak hanya terbatas berada di kampus. Ustaz Abdul Somad merasa untuk mengabdi, ada banyak cara yang lebih luas.

Ditelusuri di akun resmi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, di sana ia mengajar studi Ilmu Hadits. Saat menjadi dosen, dinyatakan pendidikan terakhirnya adalah S2 di Maroko, Tahun 2006. Sang ustaz mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi S2 di Institut Darul Hadits Al Hassaniyah Rabat.

Usai menyelesaikan pendidikannya, Ustaz Abdul Somad mendapatkan gelar D.E.S.A. Tak sampai di situ, pada tahun 2018 lalu ia juga sempat menerima gelar adat kehormatan. Gelar tersebut diberikan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Setelah prosesi itu, ia mendapatkan gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.