Mengetahui Perbedaan Taft dan Feroza, Mobil Daihatsu Klasik

Di era 80an dan 90an sepertinya Daihatsu suka memasarkan produk yang hampir sama namun dengan nama yang berbeda. Hal ini tentu membuat beberapa orang bingung dalam mengetahui perbedaan Taft dan Feroza. Kali ini kita akan mencoba menjelaskan jenis dan perbedaan antara kedua mobil tersebut.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Taft dan Feroza

Menilik sejarah Daihatsu dalam menciptakan kedua mobil tersebut memang menjadi sebuah hal yang cukup menarik perhatian. Secara umum jika dilihat dari spesifikasi mesin serta drivetrain, Taft adalah mobil varian lengkap yang menggunakan mesin diesel dan penggerak 4 roda (4WD). Sementara, Daihatsu Feroza adalah Taft 2WD yang menggunakan mesin bensin. Di tahun 1996, Daihatsu Taft serta Feroza memperoleh update yakni berupa suspensi depan independen dan belakang yang menggunakan per keong.

Mesin yang dipakai pada Taft keluaran pertama hingga sekitar tahun 1989 adalah mesin diesel 4 silinder 2800cc (kode DL41) dengan timing chain. Kemudian di tahun 1989, Daihatsu mengganti mesin tersebut dengan mesin diesel 4 silinder 2800cc (kode DL42) yang memakai dengan timing belt.  Sedangkan untuk Daihatsu Feroza, menggunakan mesin bensin Daihatsu HD-C SOHC 16 valve karburator 1600cc.

Body Daihatsu Taft dan Feroza

Jika dilihat dari bagian samping, Daihatsu Taft model pertama sampai model tahun 1992, di awal kemunculan Rocky hanya ada varian warna single tone. Sementara itu, untuk Feroza kebanyakan dijual dengan warna bodi two tone. Anda dapat melihat warna two tone nya apabila ingin membedakan antara varian pre facelift dengan facelift. Untuk versi prefacelift, memiliki warna two tone yang tinggi hingga batas over fender. Sementara itu, untuk versi facelift, warna two tone-nya hanya setengah tinggi over fender-nya.

Fitur Daihatsu Taft dan Feroza

Taft dilengkapi dengan fitur 4WD, central lock, power steering, AC, terdapat jam digital (1990 keatas)/analog (1990 kebawah) pada bagian tengah atas dashboardnya, terdapat pula inclinometer serta voltmeter. Untuk keluaran tahun 1991 kebawah, transmisi yang digunakan 4 speed, sedangkan untuk tahun 1991 ke atas menggunakan 5 speed. Untuk fitur Daihatsu Feroza sama dengan taft, namun dengan tambahan power window (G2 Sporty) tapi tidak menggunakan 4WD, inclinometer serta jam.

Itulah ulasan tentang beberapa perbedaan Taft dan Feroza. Ulasan tersebut dapat memberikan sedikit informasi tentang sejarah Daihatsu dalam mengeluarkan dua jenis mobil tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.