September 29, 2020

Ketahui Cara Mengobati Kolesterol secara Alami Tanpa Obat

Ketahui Cara Mengobati Kolesterol secara Alami Tanpa Obat

Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang berguna bagi tubuh dan memiliki sejumlah fungsi penting. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi tubuh kita. Menurunkan kolesterol dalam tubuh sebenarnya tidak harus melalui obat-obatan. Berikut cara mengobati kolesterol secara alami tanpa obat.

Menghindari Makanan Olahan

Makanan olahan dan makanan cepat saji memang praktis dan memiliki rasa yang enak. Mereka biasanya telah diolah dulu sebelumnya tapi harus dimasak lagi sebelum dimakan. Lemak yang terkandung dalam makanan tersebut tidak sehat dan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Melakukan Diet Rendah Lemak

Menurunkan kolesterol tanpa obat ternyata tak cukup dengan hanya makan makanan penggempur kolesterol . Menurunkan kolesterol juga perlu didukung dengan diet rendah lemak. Ada 3 jenis lemak pertama, lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated), kedua lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated), dan terakhir lemak jenuh (saturated).

Jika Anda mengidap kolesterol tinggi maka Anda harus menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah jeroan, kuning telur, dan otak sapi. Makanan lemak jenuh tunggal, mesti dikonsumsi dalam jumlah terbatas contohnya adalah kepiting dan udang.

Anda bisa mengonsumsi lemak tak jenuh ganda yang bisa Anda temukan dari ikan laut. Contohnya, ikan tuna atau tenggiri karena ikan tersebut mengandung minyak tak jenuh ganda dan omega-3, yang baik untuk pengidap kolesterol tinggi. Kandungan omega 3 berfungsi untuk menaikan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar trigliserida. Kadar trigliserida yang meningkat juga menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat, maka dari itu Anda harus memantau kadar kolesterol dalam tubuh. Batasi konsumsinya untuk mencegah peningkatan trigliserida dan kolesterol.

Olahraga Teratur

Olahraga juga dapat menurunkan kolesterol tanpa obat. Orang yang memiliki berat badan berlebih juga dapat melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan. Namun, dalam memilih jenis olahraga Anda harus berhati-hati.

Kolesterol tinggi akan menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darahnya. Jika Anda memilih jenis olahraga yang berat dapat membuat plak di pembuluh darah terlepas dan terbawa di aliran darah. Hal ini sangat berbahaya karena apabila pembuluh darah pecah di otak dapat menyebabkan stroke, dan apabila pecah di jantung bisa menyebabkan serangan jantung.

Mengurangi Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, ada baiknya Anda berhenti merokok atau mengurangi rokok dan membatasi konsumsi alkohol agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak meningkat.

Itulah cara mengobati kolesterol secara alami dengan cepat tanpa harus mengonsumsi obat. Segera lakukan perubahan pada gaya hidup agar kita selalu sehat hingga tua nanti. Cara-cara tersebut juga baik sebagai upaya pencegahan, Jika Anda memiliki keluhan karena kolesterol sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.