Kemenkes Bentuk Tim Kajian untuk Pelajari Mutasi Virus Corona

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya membentuk tim kajian yang terdiri dari pakar dan ahli untuk mengkaji dan mempelajari lebih jauh terkait mutasi virus corona. Hal itu disampaikan Budi dalam konferensi pers yang digelar virtual, Jumat (25/12/2020). "Kami meminta para ahli di Kemenkes untuk mempelajari strain, karena ini harus dilakukan kajian secara saintifik," ungkap Budi.

"Saya sudah minta untuk segera berkonsultasi dengan ahli mikrobiologi kedokteran untuk bisa memastikan, apa sebenarnya yang terjadi," ujar Budi. Ia berharap agar masyarakat tidak takut berlebihan namun tetap waspada terhadap kemungkinan mutasi virus tersebut masuk ke Indonesia. Terpenting kini, masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan pakai sabun)

"Jangan terlalu terburu buru kita menolak kebenaran berita ini atau kita menerimanya. Ini adalah hal yang sangat teknis biologis kedokteran sifatnya, jadi kita harus dikonsultasikan segera kepada para ahli," ujarnya. Hal senada juga disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono, ia mengatakan tim yang dibentuk akan mempelajari dan meneliti adanya mutasi mutasi virus corona yang menyebabkan Covid 19. "Lebih penting daripada isu mutasi ini adalah membuat orang itu menjadi care pada 3M jauh lebih penting dan lebih baik. Kita sedang dan pelajari mutasi ini, kita akan membentuk tim untuk mempelajarinya," tutur Dante.

Leave a Reply

Your email address will not be published.