Inilah Makanan Rendah Lemak yang Mudah Ditemukan

Bagi beberapa orang, memiliki tubuh yang sehat dimulai dari berat badan yang ideal. Karena itulah, beberapa orang berusaha menjaga berat badan tubuhnya dengan mengontrol pola makan kemudian melihat hasilnya melalui alat pengukur lemak tubuh.  Ketika hasilnya cemerlang berarti pola makan atau diet yang dijalani sukses berlaku juga kebalikannya.

 

Daftar Makanan Rendah Lemak yang Mudah Didapatkan

Kontrol berat badan dengan makanan tidak harus mahal, Anda bisa melakukan control makanan rendah lemak ini dengan mudah, karena tersebardi pasaran. Mau tahu apa saja makanannya? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Sayuran Cruciferous

Namanya mungkin agak unik karena bukan berasal dari bahasa Indonesia namun sayuran cruciferous sebenarnya mengacu pada berbagai jenis sayuran dalam klasifikasi Brassica seperti lobak, brokoli, pakcoy dan sebagainya. Kandungan lemak pada sayuran ini tergolong rendah dan hebatnya lagi bisa Anda temukan dengan mudah di super market atau pasar tradisional.

Selain mengandung rendah lemak, sayuran cruciferous juga mengandung glukosinolat. Senyawa tersebut bagus untuk menurunkan resiko penyakit kronis seperti kanker.

2. Dada Ayam

Siapa yang tidak menyukai lauk daging ayam? Jawabannya pasti sangat sedikit mengingat hidangan ayam khas Indonesia juga sangat banyak. Bagian dada dipilih karena kadar lemaknya yang paling rendah apalagi jika kita membandingkannya dengan kulit ayam.

Selain rendah lemak, dada ayam juga kaya protein, vitamin B6, fosfor, vitamin B3, dan selenium. Semua zat tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Edamame

Total kalori yang terdapat pada ½ cangkir edamame adalah 95 kalori, jumlah yang sangat sedikit. Edamame merupakan jenis makanan yang dipopulerkan oleh Jepang meski demikian Anda masih bisa menemukannya dengan mudah di berbagai super market dan pasar tradisional.

Cara menyajikan edamame juga tidak ribet, Anda hanya perlu merebusnya sampai benar-benar matang. Kandungan protein dalam edamame tidak akan memudar karena proses memasaknya direbus bukan digoreng.

4. Ubi Jalar

Tertarik mengkonsumsi makanan rendah lemak tapi tetap mengenyangkan? Maka Anda patut menambahkan ubi jalar ke list belanja bulanan. Kandungan lemak pada makanan ini hanya 1,4 g per buahnya.

Rutin mengkonsumsi ubi jalar tidak hanya membantu Anda memiliki badan yang sehat dan langsing tapi juga mata yang indah. Ubi jalar kaya akan vitamin A, vitamin B, mangan, vitamin C serta kalium.

5. Buah-buahan

Mayoritas buah-buahan tidak mengandung lemak namun kaya akan vitamin serta zat antioksidan. Kandungan tersebut efektif menangka berbagai jenis penyakit, menjaga kulit tetap sehat serta mencegah penuaan dini.

Salah satu jenis buah yang paling kami rekomendasikan adalah buah stroberi. Buah ini tinggi antioksidan, mangan serta vitamin C. Kadar kalorinya juga sangat kecil sekitar 33 kkal. Menemukan buah stroberi juga tidak sulit karena dijual di berbagai pasar atau toko buah.

Makanan merupakan faktor terpenting yang menyebabkan tubuh tetap langsing atau berubah menjadi obesitas. Dengan mengonsumsi makanan rendah lemak tersebut, dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.