FSA Jepang Minta Lembaga Keuangan Lebih Mendekatkan Diri kepada Pelanggan

Lembaga keuangan yang ada di Jepang diminta untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada pelanggannya. "Saya ingin meminta lembaga keuangan untuk memikirkan sendiri bagaimana menerapkan prinsip prinsip mendekati pelanggan tersebut. Saya ingin mendukung mereka sehingga siklus yang baik dapat dibangun antara pelanggan dan lembaga keuangan," ungkap Yoshio Horimoto, Wakil Direktur Jenderal Biro Kebijakan Umum Badan Jasa Keuangan (FSA) Jepang. FSA mewajibkan Lembaga Jasa Keuangan untuk melaporkan status upaya masing masing perusahaan, apakah lembaga keuangan seperti bank, perusahaan sekuritas, dan perusahaan asuransi melakukan bisnis yang mengutamakan nasabah.

Tujuannya adalah untuk mengakar dalam operasi bisnis yang berorientasi pada pelanggan dengan membuat daftar dan menerbitkannya di situs web kami. Empat tahun lalu, Lembaga Jasa Keuangan menciptakan "Prinsip Operasi Bisnis Berorientasi Pelanggan" untuk berbagai lembaga keuangan seperti bank, perusahaan sekuritas, dan perusahaan asuransi. Mengingat anggapan yang kuat bahwa lembaga keuangan menjual produk keuangan dengan prioritas diberikan untuk menerima komisi dari pelanggan, maka perlu juga mendekati kepada kepentingan pelanggan, mengklarifikasi komisi, dan memberikan informasi yang mudah dipahami.

Lebih dari 2.000 lembaga keuangan mencoba beroperasi sesuai dengan prinsip ini, tetapi Badan Jasa Keuangan meminta bulan ini untuk melaporkan status upaya masing masing perusahaan. Dengan tujuan meningkatkan keefektifan dan mengakar operasi bisnis yang berorientasi pada pelanggan, Badan Jasa Keuangan (FSA) membuat daftar nama perusahaan dan isi laporan, menerbitkannya di situs webnya, dan juga menunjukkan inisiatif yang dapat dievaluasi secara khusus. Permintaan FSA tersebut juga diberlakukan kepada lembaga keuangan asing atau perbankan asing yang ada di Jepang.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan digunakan sebagai tempat belanja para WNI dan orang Jepang yang ada di Jepang. Info lengkap lewat email: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.