Asuransi Murni atau Asuransi Unit Link, Mana yang Sesuai Kebutuhan Anda?

Ketika mencari asuransi, Anda akan mendapati berbagai jenis produk yang ditujukan untuk kebutuhan berbeda. Misalnya saja asuransi kesehatan murni yang kerap direkomendasikan bagi nasabah yang memerlukan perlindungan kesehatan. Namun, embel-embel ‘murni’ membuat beberapa orang bertanya-tanya, apa yang membedakannya dari asuransi kesehatan biasa?

Apa itu asuransi murni?

Asuransi murni, baik untuk jiwa dan kesehatan berdasarkan situs Cekaja merupakan produk asuransi yang memberikan proteksi finansial saat Anda sebagai tertanggung menghadapi masalah atau risiko terduga. Kadang, asuransi murni disebut juga sebagai asuransi berjangka karena masa pertanggungan terbatas. Hal ini terlihat dari proteksi yang diberikan sesuai periode, dari satu sampai 20 tahun.

Meski hanya menjamin satu bidang, asuransi murni menawarkan premi yang lebih terjangkau. Keunggulan ini memudahkan Anda yang mempunyai penghasilan terbatas atau belum tetap. Selain itu, uang pertanggungan yang diberikan cukup tinggi. Hanya saja, Anda harus mengantisipasi dana premi yang akan otomatis hangus atau hilang di akhir masa kontrak.

Sementara itu, asuransi kesehatan biasa tergolong lebih kompleks. Sebab, produk ini dibedakan sesuai jenis perawatan, badan penyelenggara, dan pihak tertanggung. Jika Anda belum membutuhkan layanan yang beragam, sebaiknya gunakan asuransi kesehatan yang murni terlebih dulu.

Asuransi murni atau asuransi unit link?

Selain dengan asuransi kesehatan, asuransi murni juga sering dibandingkan dengan asuransi unit link. Asuransi unit link bisa dibilang mempunyai layanan lebih lengkap, karena mengombinasikan produk asuransi dengan investasi. Namun, risikonya, premi yang Anda bayarkan akan terbagi dua dengan rasio yang ditentukan pihak perusahaan, misalnya 60:40.

Kemudian, asuransi unit link tetap bisa Anda cairkan walau tak ada klaim saat kontrak berlangsung. Ada juga beberapa asuransi tambahan lain (rider) yang mencakup tanggungan kecelakaan, cacat total, dan lain sebagainya.

Lalu, jenis asuransi mana yang harus dipilih, kesehatan murni atau unit link? Keputusan sebenarnya kembali pada Anda. Asuransi murni, seperti yang telah disinggung di atas, dianjurkan buat nasabah dengan penghasilan terbatas atau hanya memerlukan layanan tertentu. Kemudian, Anda juga tak perlu terikat kontrak panjang, sebab jangka waktunya yang pendek. Faktor tersebut memudahkan nasabah untuk pindah ke jenis asuransi lain.

Sementara asuransi unit link ditawarkan bagi nasabah yang ingin belajar investasi dengan risiko tak terlalu tinggi. Akan tetapi, Anda harus bersedia premi dialokasikan untuk dua kebutuhan tersebut dan memantaunya untuk mendapatkan profit yang diharapkan.

Jika Anda akhirnya menjatuhkan pilihan pada asuransi murni, FWD Insurance dapat jadi pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Pasalnya, perusahaan ini menyediakan pilihan paket yang memudahkan Anda mengambil produk yang sesuai, layanan bantuan medis 24/7, dan fasilitas medis cashless. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda bisa kunjungi langsung website resmi FWD insurance.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.