Apa itu bipolar

Apa Saja Dua Jenis Umum Bipolar Disorder serta Bagaimana Cara Pengobatannya?

Istilah apa itu bipolar disorder tentu tidak asing lagi bagi telinga Anda bukan?. Setiap individu yang mempunyai gangguan ini sudah pasti membutuhkan pengobatan supaya dapat memperbaiki kehidupannya. Akan tetapi, hal tersebut biasanya bergantung pada jenis atau tipe masalah mentalnya.

Apa Saja Dua (2) Jenis Umum dari Bipolar Disorder?

Pada umumnya, pasien yang menderita bipolar disorder akan mengalami perubahan suasana hatinya (mood). Biasanya, penderita akan mengalami beberapa gejala utama dengan setiap fase yang berbeda, seperti mania, hipomania, serta depresi. Dari sini tanda tesebut, dapat digolongkan menjadi dua macam:

  1. Bipolar Disorder Tipe 1

Jika Anda merupakan pasien yang tergolong dalam bipolar disorder tipe 1. Maka, sudah pasti mengalami fase mania. Dimana seseorang akan merasa sangat bahagia, lalu secara tiba-tiba berubah menjadi sedih. Bahkan, ada yang terkena depresi berat dalam waktu yang singkat.

Hal ini dikarenakan fase mania sendiri merupakan gangguan pada suasana hati pasien, sehingga menyebabkan penderitanya mempunyai energi penuh. Selain itu, jika Anda berada disini kemampuan untuk mengambil keputusan akan diragukan. Karena alasan yang diberikan tidak dapat diterima secara rasional.

  1. Bipolar Disorder Tipe 2

Beralih ke tipe kedua dari gangguan bipolar. Jika Anda merupakan salah satu pasien yang di diagnosa berada pada kelompok ini. Tentu akan mengalami fase hipomania. Disini, perubahan yang terjadi secara drastis pada suasana hati atau moodnya tidak akan terlihat dengan mudah.

Oleh sebab itu, beberapa individu yang menderita ini cukup susah dideteksi oleh orang di sekitarnya. Meskipun begitu, gejala yang dialami pasien masih bisa dikenali. Biasanya, fase hipomania tidak akan berlangsung dalam waktu yang lama. Hanya berkisar satu hingga empat hari saja.

Bagaimana Cara Pengobatan Pasien yang Menderita Bipolar Disorder?

Pengobatan yang dilakukan kepada pasien yang menderita bipolar disorder tidak diperuntukkan untuk menyembuhkan penderitanya. Akan tetapi membantu mengatasi serta meredakan beberapa gejalanya. Pada umumnya, proses ini akan disesuaikan dengan jenis atau kondisi anda.

  1. Tindakan Medis yang Dapat Dilakukan dengan Memanfaatkan Obat-Obatan

Seorang dokter diperkenankan untuk melakukan pengobatan pada pasiennya dengan memanfaatkan obat-obatan. Selain itu, ada beberapa jenis darinya yang bisa dijadikan sebagai penawar atau pereda gejala bipolar disorder. Setiap obat yang direkomendasikan mempunyai manfaat tersendiri.

Salah satunya adalah obat yang digunakan untuk menyeimbangkan suasana hati atau mood pasien. Seperti lithium, lamotrigine, carbamazepine, dan masih banyak lagi. Disamping itu, terdapat kemungkinan jika dokter akan mengkombinasikan beberapa dari penawar tersebut. Maka, Anda perlu memperhatikan efek sampingnya pula.

  1. Tindakan Medis yang Dilakukan dengan Melakukan Psikoterapi

Salah satu tindakan medis yang juga dapat dilakukan guna membantu Anda untuk mengatasi gejala bipolar disorder lainnya adalah psikoterapi. Hal ini merupakan perawatan bagi penderita dengan cara terapis. Yaitu memberikan pemahaman serta pelatihan supaya membiasakan perilaku positif.

Contoh dari jenis kegiatan psikoterapi yang bisa dilakukan oleh pasien bipolar disorder adalah interpersonal and social rhythm therapy (IPSRT). Terapi ini membantu Anda dalam mengatur pola akitivitas sehari-hari. Karena penderita biasanya mengalami gangguan susah tidur, kehilangan nafsu makan, dan sebagainya.

Demikian pemaparan yang kami sajikan secara ringkas dan jelas. Penjelasan yang diberikan terkait kedua jenis atau tipe dari bipolar disorder. Disertai dengan beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengobati penderita di bawah pengawasan tenaga medis atau bisa disebut juga dengan rehabilitasi narkoba dan sebelumnya alangkah baiknya anda juga mengetahui tentang biaya rehabilitasi narkoba yang akan dikeluarkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.