Analis: Kasus Covid-19 di India Melonjak Jadi Penghambat Gerak Indeks Saham

Di tengah proses vaksinasi ternyata kasus harian baru Covid 19 di dunia malah bergerak ke level tertinggi, terutama di India. Pengamat pasar modal Hans Kwee mengatakan, India tercatat sebagai negara dengan rekor kasus harian Covid 19 tertinggi dunia dengan 332.503, sehingga total kasus menjadi 16.257.309. "Meningkatnya Covid 19 di India dibarengi sejak ribuan orang mandi massal di Sungai Gangga, yang merupakan festival keagamaan terbesar di dunia," ujarnya, Senin (26/4/2021).

Hans menjelaskan, menurut laporan orang orang dalam jumlah besar berdesak desakan di tepi sungai hingga dapat peringatan organisasi kesehatan dunia atau WHO. "WHO memperingatkan bahwa kasus baru Covid 19 di dunia bergerak menuju level tertinggi yang pernah terjadi," katanya. Seiring dengan peringatan kasus Covid 19 terlihat saham saham yang diuntungkan dengan adanya pembukaan ekonomi kembali mengalami pelemahan.

"Pelaku pasar takut pada gelombang ketiga Covid 19 di beberapa negara dan menjadi penghambat kenaikan indeks (saham)" pungkas Hans. Adapun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga sesi I perdagangan hari ini bergerak di zona merah dengan pelemahan 0,6 persen ke level 5.980.

Leave a Reply

Your email address will not be published.