December 6, 2020

Yuk Mengenal Lebih Jauh Tentang Jasa Fulfillment!

Yuk Mengenal Lebih Jauh Tentang Jasa Fulfillment!

Apabila kalian menggeluti dunia E-commerce, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Fulfillment. Apalagi saat ini sudah banyak sekali yang menggeluti bisnis online. Tidak harus memiliki modal yang besar, para seller saat ini sudah banyak sekali yang sukses di bidang ini. Memang, hadirnya e-commerce berdampak pada proses operasional bisnis, terutama perilaku konsumen. Dilansir dari laman Zebra Technologies, ternyata ada 89% pelaku e-commerce yang setuju bahwa bidang ini mampu mendorong kebutuhan pengiriman yang super cepat. Nah salah satu faktor pendukungnya adalah proses pemenuhan order.

Proses pemenuhan order ini mencakup dari proses pengelolaan ketika ada orderan masuk, pengemasan, sampai pengiriman yang dilakukan oleh Third Party Logistic (3PL). Memang, sebagian besar beranggapan bahwa pemenuhan order bukanlah perkara yang sulit apabila sebanding dengan jumlah sumber daya manusia dan waktu yang telah dimiliki. Namun, jika jumlah orderan melonjak dan para konsumen ingin proses pengirimannya dilakkan secara cepat, maka proses pemenuhan order ini pastinya memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak, serta biaya operasional yang semakin tinggi.

Nah, untuk mengatasi permasalahan proses pemenuhan order ini kalian bisa menggunakan jasa fulfillment. Jasa fulfillment sendiri merupakan bantuan yang diberikan suatu perusahaan keppada pebisnis online dengan tujuan agar para pebisnis online tersebut bisa fokus terhadap produk yang dijualnya dengan memikirkan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan grafik penjualan. Tanggung jawab dan tugas dari jasa fulfillment di antaranya yaitu; (1) melakukan penyimpanan barang termasuk manajemen gudang, (2) memilih barang, (3) transportasi barang, (4) pengiriman orderan, (5) pemrosesan hasil, dan (6) layanan purna jual.

Penyimpanan Barang Menjadi Aman dan Rapi

Jika kalian menggunakan jasa ini, dijamin kalian tidak perlu lagi terkait masalah penyimpanan sebab si pemberi jasa akan menjaga kualitas barang jualan kalian agar selalu dalam kondisi yang aman. Hal ini dikarenakan mereka menyediakan gudang atau warehouse yang aman, rapi, dan higienis.

Tidak Perlu Bingung Masalah Packing

Biasanya, permasalahan penting lainnya bagi para pebisnis online adalah packing karena mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperkerjakan karyawan agar bisa membantu proses packing, apalagi jika orderan membludak. Nah dengan jasa fulfillment ini, kalian tidak perlu khawatir karena jasa packing yang ditawarkan menggunakan material packaging yang sangat layak untuk digunakan.

Nah, apabila bagi kalian para pebisnis online yang sering mengalami kesulitan dalam pengelolaan order, packing, warehouse, maupun delivery saatnya cobain jasa ini. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa ini adalah Haistar. Perusahaan Haistar sudah berdiri sejak April 2018 lalu dan memang fokus pada berbagai skala bisnis, seperti toko online media sosial, penjual di marketplace, e-commerce, dan toko online resmi brand.