September 29, 2020

Pahami 5 Manfaat Vitamin B bagi Ibu Hamil

Pahami 5 Manfaat Vitamin B bagi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Termasuk asupan vitamin B yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Vitamin yang mudah larut dalam air ini dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 2 mg per harinya. Jika kebutuhan tidak terpenuhi, maka akan mengganggu kesehatan ibu dan janin. Simak manfaat vitamin B bagi ibu hamil di bawah ini!

  1. Menambah Cadangan Energi

Ibu hamil yang memiliki beban berlebih di tubuhnya dari tubuh manusia biasa membutuhkan energi lebih banyak. Banyaknya energi yang  dibutuhkan tetap harus diimbangi dengan aktivitas pembakar lemak yang cukup. Hal  ini untuk menghindari penumpukan lemak pada ibu yang sedang hamil. pencegahan ini diperoleh dari vitamin B3 atau dinamakan Niasin.

Manfaat dari Niacin yaitu untuk mengubah bentuk karbohidrat, lemak serta alkohol menjadi bentuk energi. Manfaat lain baik untuk mendukung fungsi saraf dan sistem pencernaan. Namun konsumsi berlebihan dapat menimbulkan gejala seperti gatal, ruam hingga  dapat memunculkan kerusakan hati. Vitamin ini bersumber dari daging merah, susu, telur, gandum dan lainnya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat peningkatan daya tahan tubuh ini didapatkan dari Kobalamin atau termasuk ke dalam vitamin B12. Manfaat lainnya yaitu untuk mendukung sel mielin penyelubung sel saraf, kemampuan mental sekaligus berpengaruh pada pembentukan sel darah merah. Manfaat lainnya untuk membantu metabolisme asam lemak dan amino untuk menghasilkan energi.

  1. Berperan dalam Pembentukan Janin

Manfaat khusus untuk ibu hamil berupa membantu pembentukan sel darah merah pada janin didapatkan dari Asam Folat atau vitamin B9. Manfaat lainnya untuk pencegahan terjadinya kerusakan sistem saraf sekaligus mengembangkan sistem saraf. Membantu dalam sintesis DNA pada bayi di dalam kandungan serta perkembangan sel.

Vitamin B lainnya  yang bermanfaat bagi janin yaitu vitamin B6 atau dinamakan Piridoksin. Memiliki fungsi untuk pembentukan sel darah merah dan zat-zat penting dalam otak. Tak hanya berpengaruh dalam kinerja otak, namun juga dapat mempengaruhi aktivitas hormon steroid dan imunitas. Namun tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam tubuh.

  1. Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Metabolisme pada ibu hamil harus lancar agar tidak mengganggu kehamilannya. Baik metabolisme karbohidrat, protein dan lemak ini akan dibantu oleh vitamin B5. Vitamin yang memiliki sebutan lain Pantothenic acid memperbaiki metabolisme dan memiliki fungsi lain berupa membentuk sel darah merah dan hormon steroid.

Manfaat untuk perbaikan metabolisme ini juga dapat diperoleh dari vitamin B7 atau dinamakan Biotin. Fungsi dari vitamin ini untuk memelihara metabolisme energi dan sintesis lemak serta glikogen di dalam tubuh. Fungsinya yang esensial ini  tak berarti harus dikonsumsi dalam jumlah banyak karena dapat menaikkan kolesterol dalam darah.

Sumber dari vitamin B5 dapat berasal dari susu, daging, ragi, kacang, telur, alpukat, semangka dan masih banyak lagi. Sumber vitamin B5 dapat ditemukan pada makanan lainnya namun yang paling banyak ditemukan terdapat pada makanan-makanan yang telah disebutkan. Berkurangnya nafsu makan, insomnia, serta kelelahan merupakan dampak yang terjadi jika kekurangan.

  1. Menstabilkan Fungsi Sistem Saraf

Manfaat ini bersumber dari asupan vitamin B1 atau dikenal dengan nama Tiamin. Vitamin B1 ini juga memiliki fungsi membantu pengubahan energi dari sumber glukosa. Kebutuhan vitamin ini pada ibu hamil sekitar 2 mg per harinya. Jika tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan dampak berupa degenerasi fungsi sistem saraf seperti mudah bingung, marah, lesu dan lelah.

Kelima manfaat vitamin B bagi ibu hamil telah disebutkan di atas. Banyak manfaat lain dari vitamin B lainnya yaitu menghilangkan rasa mual, mencegah serangan jantung dan lainnya. Vitamin B harus dipenuhi bagi ibu hamil karena baik untuk kesehatan ibu dan janin namun harus sesuai  dosis yang  dianjurkan.