August 14, 2020

Manfaat Omega 3 pada Kesehatan Anak

Manfaat Omega 3 pada Kesehatan Anak

Kata Omega 3 memang sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Kandungan ini memang memberikan banyak manfaat baik pada kesehatan anak-anak. Telah banyak produk susu bubuk yang memasukan kandungan ini dalam bahannya karena memang sangat baik untuk membantu tumbuh kembang anak.

Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang tidak bisa diproduksi dalam tubuh dan harus didapatkan dari asupan makanan. Sumber makanan yang mengandung asam lemak ini meliputi salmon, sarden, tuna, tenggiri, herring, makarel dan telur. Anda juga dapat menemukannya pada bahan makanan alpukat, kacang kedelai, walnut, canola, bayam dan raps.

Manfaat Omega 3 dalam Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Omega 3 dalam membantu tumbuh kembang anak memang sudah terkenal. Asam lemak ini juga dipercaya dapat menjaga tubuh dari penyakit. Berikut beberapa informasi mengenai manfaat dari asupan yang juga disebut Asam Alfa Linolenat.

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Peningkatan fungsi otak si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat memerlukan manfaat omega 3 ini. Kecerdasan anak akan meningkat dan juga lebih mudah berkonsentrasi. Oxford University telah melakukan penelitian dan membuktikan hal ini. Disebutkan dalam penelitian mereka bahwa anak dapat lebih mudah fokus menyerap pelajaran apabila tercukupi asupan Omega 3 nya.

2. Menjaga dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya dari Omega 3 adalah membantu meningkatkan sistem imun tubuh si kecil dan menjaganya dari berbagai penyakit. Anda dapat memberikan makanan yang mengandung asam lemak ini jika anak sedang sakit.

Anak juga dapat terhindar dari resiko penyakit hipertensi dan jantung ketika dewasa, karena kadar kolesterol pun meningkat dan berkurangnya trigliserida serta tekanan darah.

3. Menyeimbangkan Koordinasi Mata dan Tangan

Koordinasi mata dan tangan anak butuh seimbang pada saat belajar, terlebih pada saat mencatat pelajaran dan mengerjakan tugas. Penyeimbangan koordinasi mata dan tangan ini dapat dibantu oleh Omega 3. Profesor Paul Montgomery dari Oxford University yang merupakan seorang peneliti telah membuktikannya. Makanan yang kaya akan kandungan Omega 3 apabila dikonsumsi anak secara rutin akan membuat mereka menyeimbangkan gerakan mata dan tangan lebih mudah.

4. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Anak-anak yang ada omega 3 dalam kandungan darahnya menurut yang dikatakan Profesor Paul Montgomery cenderung mempunyai kemampuan lebih baik dalam membaca. Anak-anak akan dengan mudah menyerap pelajaran yang diberikan karena kemampuan membaca yang baik serta wawasan anak juga akan luas.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, ternyata kandungan Omega 3 juga memberikan manfaat pada kesehatan mental. Jika obat depresi dari minyak ikan sering diberikan pada orang dewasa, ternyata hal ini menurut para ahli juga dapat diterapkan kepada anak-anak. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi secara rutin Omega 3 dapat menurunkan resiko penyakit mental yang terjadi pada anak usia 6-12 tahun. Beberapa penyakit mental yang dapat dicegah seperti depresi, skizofrenia dan bipolar.

Anda dapat bertanya kepada pakar seputar manfaat Omega 3 bagi kesehatan anak jika informasi kami di atas kurang jelas. Jika hendak memberikan makanan yang mengandung asam lemak ini, kami sarankan memberikan makanan yang terbuat dari bahan alami agar aman dan tidak berbalik membahayakan tubuh.

Deskripsi: Omega 3 terkenal memiliki banyak manfaat baik kesehatan mental maupun fisik anak. Ketahui beberapa manfaatnya pada tubuh berikut ini.