December 6, 2020

Ekonomi Kreatif: Pengertian, Karakteristik dan Manfaatnya

Ekonomi Kreatif

Saat ini ekonomi kreatif atau creative economy menjadi hal yang sering diperbincangkan. Apalagi setelah mengetahui kontribusi industri creative economy (seperti seni, musik, fashion dan periklanan) mampu memberikan pertumbuhan ekonomi Indonesia (*sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/).

Dalam pergaulan antar negara di dunia, industri creative economy menjadi basis dari ciri dan simbol bangsa Indonesia. Buat kamu yang masih bingung dengan apa itu creative economy dan bagaimana manfaatnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep yang mengutamakan ide, gagasan dan pengetahuan dari sumber daya manusia. Nah, SDM dalam hal ini memiliki peran yang sangat utama untuk meningkatkan informasi dan kreativitas dari produk-produk yang nantinya diciptakan.

Konsep ini biasanya didukung oleh keberadaan industri kreatif, dan industri kreatif adalah perwujudan dari creative economy. Seiring berjalannya waktu, pembangunan ekonomi telah mencapai tataran ekonomi kreatif yang turut menyumbangsih pendapatan negara ini.

Awal dari keberadaan creative economy sendiri adalah ketika dunia dihadapkan pada konsep ekonomi informasi, di mana informasi menjadi muatan utama pembangunan ekonomi. Menurut ekonom bernama Paul Romer  pemikiran adalah produk ekonomi yang sangat penting.

Pemikiran manusia bahkan lebih penting daripada objek yang ditekankan dalam kebanyakan model ekonomi. Dalam dunia yang terbatas secara fisik ini, penemuan ide-ide besar dan jutaan ide kecil telah mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ide adalah instruksi yang memungkinkan manusia menggabungkan sumber daya material yang terbatas untuk membuatnya lebih berharga.

Romer juga berpendapat, alasan mengapa suatu negara miskin adalah karena masyarakatnya tidak dapat memperoleh konsep industri nasional untuk menciptakan nilai ekonomi.

Karakteristik Ekonomi Kreatif

 Beberapa hal yang perlu dicatat tentang karakteristik dari creative economy adalah:

  1. Premis dasarnya adalah perlunya kolaborasi antara berbagai peran dalam industri kreatif (yakni intelektual dalam dunia bisnis) dan pemerintah.
  2. Harus  berdasarkan pemikiran atau ide.
  3. Perlu adanya pengembangan tanpa batas di berbagai bidang bisnis.
  4. Memerlukan konsep yang matang untuk merealisasikan ide-ide cemerlang.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Jadi, sebenarnya apa sih manfaat creative economy? Buat kamu yang mungkin bingung dengan hadirnya creative economy, berikut adalah manfaat ekonomi kreatif di Indonesia yang erat kaitannya dengan perubahan besar dan solusi baru dalam tatanan suatu negara, antara lain:

  •  Munculnya Perusahaan-Perusahaan Startup

Tren dan gaya hidup yang kamu kenal saat ini merupakan pengaruh dari perkembangan teknologi. Yap, perkembangan teknologi memang memegang peranan penting dalam kehidupan sosial masyarakat.

Adanya teknologi memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi lebih cepat, sehingga masyarakat juga dapat memahami perkembangan dunia lebih cepat. Kemajuan teknologi juga membuat kamu dan masyarakat lainnya memahami apa sih permasalahan yang terjadi di dunia ini.

Melalui perkembangan teknologi inilah, orang-orang yang berwawasan akan menghasilkan pemikiran yang lebih kreatif ketika mencari solusi. Dari orang yang berwawasan ini kemudian lahirlah banyak perusahaan startup.

Startup mulai bermunculan karena seseorang ingin menyelesaikan masalah perekonomian dari sudut pandang yang berbeda. Ditambah dengan adanya teknologi, maka akan semakin memudahkan pelaku usaha untuk mencari solusi yang lebih sesuai dengan kebutuhan manusia.

 Keberadaan start-up membawa perubahan baru dalam penyediaan produk, yang tidak dapat ditemukan sebelum berkembangnya ekonomi kreatif.

2.     Mempercepat Inovasi

Coba deh kamu bandingkan perkembangan bisnis saat ini dengan perkembangan bisnis di negeri ini pada tahun 1990-an? Beda jauh bukan? Ya, sejak tahun 2005, teknologi internet telah merambah semua lapisan masyarakat.

Internet mendorong lahirnya teknologi dan inovasi yang lebih cepat dan lebih beragam. Kini, semua masyarakat bisa menikmati layanan seperti transportasi online, jual beli tiket hotel berbasis aplikasi, aplikasi booking hotel, dan e-commerce dengan lebih mudah.

Semua orang bisa menikmati inovasi besar yang ada karena teknologi muncul dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi sudah menjadi komoditas yang murah, dan semua orang punya kemampuan yang sama untuk mengaksesnya dengan mudah.

Fenomena percepatan inovasi ini bahkan berdampak pada perubahan perilaku manusia sebab kecanggihan teknologi semuanya bisa terangkum hanya dalam sebuah benda kecil bernama ponsel pintar.

3.     Bisnis Menjadi Lebih Kompetitif

 Ketika teknologi  masuk ke komunitas pebisnis, maka hal ini turut menarik para pebisnis dan pedagang kecil untuk menyediakan produk kepada konsumennya dengan menggunakan teknologi.

Tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat cukup pintar dalam memilih produk, yang akan memberikan peluang bagi para bisnis dalam menciptakan pasar ekonomi yang kompetitif dan kreatif.

Dengan memberikan berbagai keunggulan produk kepada masyarakat, para pedagang akan berlomba-lomba menjadi pemimpin di pasarnya.

Untuk menjadi pemimpin pasar, mereka harus memahami dengan jelas kebutuhan masyarakat. Mana target market yang dirasa membutuhkan produk tersebut, dan siapa saja yang menjadi kompetitor.

Kehadiran creative economy mau tidak mau turut meramaikan tingkat persaingan antar perusahaan ataupun bisnis. Semuanya berlomba-lomba memberikan produk yang terbaik dengan memanfaatkan kehadiran teknologi informasi atau media sosial.

4.     Melahirkan Orang-Orang yang Kreatif

Sesuai dengan namanya, yakni creative economy, maka manfaatnya tentu menghasilkan manusia yang kreatif. Banyak orang-orang yang kemudian menunjukkan produk dari ide-ide cemerlang yang dimilikinya kepada publik.

Misalnya, ada komunitas ibu rumah tangga yang mengolah limbah menjadi sebuah tas handmade dengan desain yang unik dan anti mainstream. Tas ini kemudian dijual dan sukses di pasaran, maka hal itu turut memberikan kontribusi pada ekonomi bangsa ini.

Tentu tas handmade yang laris di pasaran bukan asal dibuat. Butuh penyatuan ide-ide kreatif dan unik untuk bisa melahirkan sebuah barang yang menarik dengan memanfaatkan sesuatu yang sudah tidak digunakan lagi.

Sangat bermanfaat sekali bukan kehadiran ekonomi kreatif di negara Indonesia ini? Kira-kira nih, sumbangsih apa yang sudah kamu berikan untuk turut membantu pergerakan creative economy agar terus berjalan di Indonesia?

Kalaupun belum, jangan sedih! Dengan membeli produk-produk industri kreatif pun, kamu sudah turut memberikan sumbangsih, kok!