October 25, 2020

5 Perbedaan Cappuccino dan Latte agar Tidak Salah Pilih di Cafe

Perbedaan Cappuccino dan Latte agar Tidak Salah Pilih di Cafe

Siapa yang tidak tahu minuman kopi jenis cappuccino? Minuman kopi satu ini bisa Anda konsumsi di cafe maupun di warung-warung terdekat Anda. Namun, saat memilih minuman kopi ini di cafe, jangan salah memilih dengan latte. Pasalnya kedua minuman ini hampir sama. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai perbedaan diantara keduanya.

1. Sejarah

Minuman kopi cappucino terkenal sebagai minuman yang berasal dari Italia. Sedangkan latte terkenal sebagai minuman kopi yang berasal dari Amerika. Awal mula nama cappuccino ini  berasal dari kata capuchin yang berarti topi pada jubah pastor Italia. Hal ini dikarenakan bentuk buih susunya mirip topi tersebut.

Sedangkan hadirnya latte dikarenakan orang-orang Amerika pada zaman dahulu terlalu merasakan pahit dalam mengonsumsi espresso sehingga orang-orang Amerika menambahkannya dengan susu. Minuman kopi ini akhirnya terkenal dengan lapisan buih susu yang biasanya dihiasi dengan bubuk cokelat.

2. Takaran

Pada dasarnya kedua jenis minuman kopi ini merupakan campuran dari kopi espresso dan susu. Pada minuman kopi cappuccino terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu steamed dan sepertiga buih susu yang tebal.  Sedangkan latte merupakan campuran dari kopi espresso, susu steam dan foam yang lebih halus jika dibandingkan dengan cappucinho.

3. Komposisi

Tidak hanya itu, komposisi kopi espresso sendiri juga menjadi pembeda. Jika pada minuman kopi cappuccino komposisi espresso terdiri dari 50% espresso dan 50% sisanya adalah susu. Sedangkan pada minuman kopi latte, komposisi espresso hanya 25 %. 75% sisanya adalah susu. Oleh karena itu, latte lebih terasa memiliki rasa susu atau creamy yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan cappuccino.

4. Cara Penyajian

Pada saat menyajikan pun ada perbedaan diantara keduanya. Pada umumnya minuman kopi cappuccino cenderung disajikan dalam gelas cawan dengan serbet. Sedangkan pada minuman kopi latte lebih disajikan dalam cangkir porselen dengan sifat penyimpanan panas yang lebih baik.

Selain itu, sebagai tambahan pemanis pada minuman kopi cappucino, Anda bisa menambahkan bubuk cokelat di atas foam. Sedangkan pada minuman kopi latte, Anda bisa membentuk gambar atau biasa disebut sebagai art.

5. Cara Konsumsi

Kedua minuman ini bisa saja Anda konsumsi dalam keadaan dingin dan panas. Namun, lebih umumnya, minuman kopi latte dapat dikonsumsi pada keadaan panas. Sedangkan minuman kopi cappucino lebih dikonsumsi saat dingin dan panas. Hal ini dapat Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.

Sebagian mungkin mengonsumsi dingin minuman kopi cappucino dikarenakan tidak kuat dengan pahitnya kopi. Oleh karena itu Anda bisa menambahkan es batu sebagai tambahan air. Bisa juga Anda meminta dengan menambahkan atau mengubah komposisi susu.

Itulah beberapa perbedaan dari minuman kopi cappuccino dan minuman kopi latte. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi bingung dalam memilih minuman kopi di cafe. Terutama bagi Anda yang tidak terlalu menyukai pekatnya kopi espresso.