October 25, 2020

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Kepercayaan diri sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. jika seseorang kurang percaya diri, itu akan secara signifikan mempengaruhi sikap mereka terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, sebagai orang tua sangat penting untuk mengetahui cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Tumbuhnya kepercayaan pada anak tidak bisa tumbuh dan meningkat dengan sendirinya. Karena dalam hal ini jelas diperlukan peran penting pada bagian lingkungan, orang tua dan juga sekolah. Untuk tujuan ini, sebagai pendidik dan orang tua yang baik, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari cara meningkatkan kepercayaan diri anak, diantaranya sebagai berikut.

1. Tantang dengan Hal Baru

Menyelesaikan tugas atau tantangan sederhana dengan cara sebaik mungkin dapat meningkatkan kepercayaan diri anak Anda. Di sini, orang tua hanya perlu memberi arahan atau menetapkan strategi. Serahkan sisanya pada anak. Nah, ketika seorang anak berhasil menyelesaikan tugasnya, dia percaya bahwa keberhasilannya adalah buah dari usahanya.

2.  Berikan Apresiasi dan Penghargaan

Ketika anak Anda berhasil menunjukkan keberanian untuk melakukan sesuatu yang positif, beri mereka apresiasi yang juga positif. Bahkan, Anda juga bisa memberi mereka hadiah seperti mainan favorit mereka. Berkat apresiasi positif dari orang tua, anak-anak akan lebih termotivasi dan percaya diri dalam menangani berbagai hal.

3. Jangan Bandingkan dengan Anak Lain

Sebagai orang tua yang memainkan peran penting dalam perkembangan anak-anak, Anda jelas ingin anak Anda menjadi individu yang dapat diandalkan di masa depan, terutama jika anak-anak Anda akan berani mengambil setiap risiko dan memutuskan segalanya, jadi Anda harus membiarkan anak Anda tumbuh dengan perkembangannya sendiri.

Memotivasi anak adalah tanggung jawab Anda sebagai orang tua tanpa harus membandingkannya dengan anak-anak lain yang seumuran dengan anak Anda. Hal itu sebenarnya mengganggu kondisi psikologis anak Anda di masa depan. Anda bisa memberikan dorongan agar anak Anda lebih percaya diri, walaupun berbeda dengan anak-anak lainnya.

4. Memberikan Pemahaman, Kalau Gagal Bukanlah Akhir dari Segalanya

Ketika anak Anda bergabung dalam sebuah kompetisi atau pertandingan dan kemudian kalah. Jangan langsung menyalahkannya. Beri anak Anda motivasi dan dukungan untuk berani kembali dan mencoba sesuatu yang lebih baik. Sehingga kepercayaan dirinya tidak mudah hancur. Anda bisa mengatakan kalau kegagalan itu adalah awal dari segalanya.

5. Meluangkan Waktu untuk Kegiatan Bersama

Untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, Anda dapat meluangkan waktu khusus untuk melakukan kegiatan bersama. Anda bisa pergi ke taman atau hanya sekedar menghabiskan waktu seharian di rumah. Dengan cara ini, Anda dapat berbicara dengan anak Anda, serta anak Anda dapat mengekspresikan perasaan mereka lebih bebas.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Jadi, memang penting sekali untuk menanamkan rasa percaya diri sejak dini, agar tidak ada hambatan nantinya dalam meraih prestasinya.